Jumat, 17 Desember 2010

Garuda Tetap Menyerang

Jumat, 17 Desember 2010 16:02
Irfan, Firman dan Nasuha Cedera Ringan
JAKARTA – Meski hanya butuh hasil seri untuk bisa lolos ke final AFF Suzuki Cup 2010, namun menjamun Filipina, Minggu (19/12) besok, timnas Indonesia tetap akan tampil menyerang.
Bukan itu saja, Alfred Riedl justru melihat penampilan Indonesia menjadi buruk ketika pola bertahan dijalankan. Tak heran jika di leg kedua yang digelar di Gelora Bung Karno itu, Riedl menolak main bertahan untuk sekadar bermain safe.
‘’Tidak. Kami Kami bukan tim defensif. Pilihannya kita bermain terbuka atau kita bermain menyerang. Melawan Filipina kami akan bermain ofensif, berusaha mencetak gol, dan memenangi pertandingan,’’ kata Riedl usai latihan timnas di lapangan ABC Senayan, kemarin.
Jika janji itu direalisasikan, laga semifinal antara Indonesia kontra Filipina dipastikan akan berjalan menarik. Karena Filipina sendiri pasti akan tampil all out untuk mengejar ketinggalan, sekaligus berebut tiket ke final. Wajar kalau Indonesia juga akan tampil maksimal.
’’Kami tidak akan bermain bertahan. Kami pernah mencobanya saat berhadapan dengan Thailand di babak penyisihan grup dan hasilnya buruk,’’ katanya.
Riedl sendiri juga tetap akan memainkan formasi yang sama. Cristian 'El Loco' Gonzales dan Oktovianus Maniani yang telah mengantongi kartu kuning tidak dirisaukan.
Gonzales dan Okto mendapatkan kartu kuning dalam laga semifinal pertama melawan Filipina, Kamis (16/12) malam. Keduanya diganjar kartu kuning karena melakukan pelanggaran keras kepada pemain lawan.
Jika di laga kedua nanti keduanya kembali mendapat kartu kuning, dipastikan mereka akan absen di partai final pertama. Absennya kedua pemain tersebut tentu akan sangat merugikan mengingat signifikansi peran mereka dalam permainan tim 'Merah Putih'.
Untuk menghindarinya, bisa saja mereka disimpan di laga semifinal kedua, dengan harapan Indonesia tetap menang dan mereka akan main di final. Namun asumsi ini langsung ditepis oleh pelatih Alfred Riedl. Ia menegaskan akan tetap memakai tim utama di leg kedua. ’’Mereka akan tetap dimainkan. Tidak ada waktu untuk istirahat,’’ tegasnya.
Sayangnya kondisi pemain inti timnas lainnya, juga sedang tidak bagus. Striker asal Lawang, Irfan Bachdim mengalami cedera ringan. Bahkan Firman Utina, kemarin harus berlatih terpisah dari rekan-rekannya.
Cederanya Irfan, juga dibenarkan Riedl. ’’Kami sudah melakukan latihan ringan. Beberapa pemain harus diistirahatkan dan ada yang mengalami cedera ringan, seperti Irfan,’’ ujar pelatih 61 tahun ini.
Sedangkan soal Firman, Riedl masih belum bisa memastikan. Dia akan terus memantau kondisi Firman. Seperti kemarin, Firman hanya lari-lari kecil keliling lapangan dan latihan fisik.
Sementara soal Muhammad Nasuha yang mengalami benturan di kepala dalam laga semifinal pertama, Riedl bisa memastikan kalau pemain Persija tersebut baik-baik saja.
’’Nasuha baik-baik saja. Lihat saja, sekarang dia pakai bandage di kepala malah tambah ganteng,’’ seloroh Riedl. (jpnn/avi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar