Senin, 13 Desember 2010

Lawan Indonesia, Ultra Defensive

Minggu, 12 Desember 2010 17:50
JAKARTA – Timnas Filipina berhasil mencetak sejarah dengan lolos ke semifinal AFF Suzuki Cup 2010. Sebelumnya, tim ini selalu menjadi bulan-bulanan lawan saat turun di turnamen yang dulu bernama Piala Tiger.
Filipina berhasil tampil sebagai runner up grup B tanpa sekalipun tersentuh kekalahan. Tim asuhan Simon McMenemy berhasil menahan imbang Singapura 1-1 dan Myanmar 0-0, serta mengalahkan tuan rumah Vietnam, 2-0.
Sukses Filipina tak luput dari banyaknya pemain naturalisasi, plus gaya bermain yang terlalu defensive. Menghadapi Indonesia di semifinal, Kamis (16/12) mendatang, Filipina juga diprediksi bakal memakai pola yang sama. Seperti yang disampaikan dua bersaudara James dan Philip Younghusband menegaskan, Filipina konsisten dengan taktik ultra defensive.
‘’Saya pikir kami akan bertahan dengan apa yang kami telah perbuat,’’ kata James Younghusband, salah satu pemain naturalisasi kepada media setempat.
’’Cara kami bermain membuahkan hasil. Apakah kami perlu menyerang di sepanjang pertandingan. Kadang cara ini mebuat frustasi, namun itu menghasilkan,’’ sambung Phil, sauadara James Younghusband.
Padahal pola itu sempat mendapat kritikan dari pelatih Vietnam, Henrique Calisto. Menurutnya, tatik bertahan yang diterapkan Filipina membuat pertandingan berjalan tidak menarik.
’’Sepakbola bukan seperti ini, menempatkan delapan pemain di daerah pertahanan dan tidak ada serangan. Mereka memang berjuang dan saya salut dengan para pemain, namun bila  Anda menilai ini adalah sepakbola, maka Anda salah,’’ sambungnya. 
Bahkan apa yang diperagakan Filipina, bisa menghancurkan persepakbolaan di kawasan Asia Tenggara. Namun nyatanya Filipina tidak peduli dengan anggapan tersebut. (jpnn/avi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar