Kamis, 30 Desember 2010

Persema Degradasi

Kamis, 30 Desember 2010 15:11
Miro Bentengi Pemain Arema
MALANG - Tamat sudah perjalananan Persema di kompetisi Indonesia Super League (ISL), menyusul kepastian tim berjuluk Laskar Ken Arok ini gabung Liga Primer Indonesia. Persema bersama dua tim ISL lainnya, Persibo Bojonegoro dan PSM Makassar, dinyatakan terdegradasi ke Divisi Utama.
Seperti dijelaskan Ketua Badan Liga Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla, tiga tim yang pindah haluan ke LPI ini secara otomatis terdegradasi ke Divisi Utama. ’’Ya, tiga tim, termasuk Persema yang keluar dari ISL, secara otomatis terdegradasi,’’  ungkap pria yang akrab disapa ADS ini kepada Malang Post, kemarin sore.
Sebelumnya, ADS juga telah memberikan keterangan pers perihal status tiga tim tersebut di Hotel Sultan, kemarin siang. Menurut ADS, dengan gabung LPI, kompetisi yang tak direstui oleh PSSI ini, tiga tim itu tak hanya terdegradasi, namun juga bakal mendapatkan sanksi dari PSSI.
Sementara untuk pemain atau pelatih dari ketiga tim yang masih berkomitmen di ISL, menurur ADS, pihak BLI siap bertanggung jawab. “Jadi siapa pun pemain atau pelatih yang tidak ikut LPI, akan dilindungi oleh BLI. Kita akan bentu mereka untuk transfer ke klub lain. Jadi tidak ada masalah,’’ jelasnya.
Persoalannya adalah dengan keluarnya Persema, Persibo dan PSM, maka jadwal ISL bakal berantakan. Seperti yang dialami tim Arema, Managercoach Miroslav Janu terpaksa harus mengatur ulang jadwal persiapan timnya yang gagal menghadapi Persema dan PSM.
‘’Untuk penjadwalan ulang nanti akan kita atur lagi seteah tahun baru. Kita akan kumpulkan klub-klub peserta ISL untuk membahasnya,’’ sebut ADS yang mempercayakan penjadwalan ulang tersebut kepada CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono.
Sementara itu, Miro coba membentengi pemainnya dari pengaruh LPI yang dimungkinkan juga berkembang di tim Arema. Maklum, dengan kondisi keuangan Arema yang tak stabil, pengaruh LPI dengan iming-iming uang berlimpah bisa merusak konsentrasi pemain.
Bahkan sebenarnya sudah ada pemain yang berinisiatif atau mengusulkan agar Arema ke LPI, jika memang tak ada uang untuk meneruskan ISL. Namun Miro dalam kesempatan briefing sebelum latihan kemarin sore mengingatkan pemainnya agar tetap konsentrasi di ISL.
‘’LPI itu kompetisi yang tidak jelas, kalian harus tetap serius berlatih untuk tampil di ISL, meski kita tidak ada uang,’’ ungkap Miro pada pemainnya sebelum mulai latihan di lapangan Abdurrahman Saleh, kemarin sore. Selama kurang lebih 10 menit, pelatih asal Republik Ceko ini memberi wejangan pada pemainnya.
Pemain pun tampak serius menyelesaikan menu latihan di komplek pangkalan udara TNI AU itu. Bagi pemain, serius berlatih tak hanya persiapan untuk tampil dalam pertandingan lanjutan kompetisi ISL, namun juga persiapan di ajang Liga Champions Asia 2011 nanti.
Sementara kubu Persema sendiri, sampai tadi malam belum bisa memberikan komentar soal sanksi degradasi tersebut. Sekretaris Persema, I Ketut Wisuda mengaku, manajemen baru bersikap setelah ada hitam diatas putih.
‘’Kami belum berani memberikan komentar soal itu (sanksi degradasi, Red.), karena kami belum menerima surat resmi dari Badan Liga Indonesia,’’ katanya singkat. (bua/avi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar